Sabtu, 20 Februari 2010

Performance Tuning, Suzuki Satria FU150…!!!

Suzuki Satria F-150 dengan Dua Kekuatan di Belakang
Kamis, 4/2/2010 | 17:39 WIB

- Ada dua kekuatan yang menjadi daya tarik dari modifikasi yang dilakukan Agus Ficdiyanto terhadap Suzuki Satria F-150 2007 milik Benny asal Sidoarjo. Yang jelas, bukan tampilan yang super-ceper ala low rider atau roda belakang pakai pelek mobil Honda Jazz yang sering dipakai pada modifikasi motor.

Kekuatan dari modifikasi ini tampak di bagian belakang. Pertama, lengan ayun tunggal (swing arm). Desain yang dibikin builders dari Alphasierra itu model tunggal. Konsep ini bukan suatu terobosan, yang menjadi kelebihannya adalah ukurannya 4x6 cm.

"Biar kuat saya memang cari pipa yang memiliki ketebalan 3 mm," Agus yang mempunyai bengkel modifikasi di Jl. Rangkut Asri Barat X/39, Surabaya. Desainnya, menurut Agus dibuat mirip pro arm Honda NSR SP, tapi tidak sama persis. Hanya dimensi lebih besar karena akan menahan pelek mobil ukuran 5 inci.

Keunikan lain yang juga menjadi kekuatan adalah sistem pengereman roda belakang. Umumnya motor yang sudah pakai cakram, posisinya bersebrangan dengan gir rantai. Nah, garapan Agus ini justru bersanding sama gir dan berada di sebelah luar.

Ide ini menjadi tantangan karena harus dibuatkan dudukan yang langsung menghubungkan ke gir. Tak cuma itu, kaliper juga harus mendapat posisi yang bagus dan kuat. Caranya, menancapkan pada ujung arm. "Selain posisinya bisa kuat menahan laju cakram, secara tampilan, penempatan kaliper ini jadi keren dan garang," komentar Agus.

Sementara ubahan pada bodi, bagian tengah dijejali seperangkat audio. Memang jadi lebih padat, tapi justru mengnurangi tampang sangar Satria F-150. (Ronie)


Performance Tuning, Suzuki Satria FU150…!!! (II, habis) November 22, 2007

Posted by triatmono in Modifikasi, Otomotif, Suzuki.
trackback

11 Votes
Quantcast


Performance tuning ini… dibidani oleh Bro Henk dan Bro Opin. Bro Henk ini ibarat Jeremy Burgess dan Bro Opin ini ibarat Doohan… soalnya Doi mantan pembalap…!!! Pertama yah biasalah.. buka fairing dulu… semuanya dibuka. Selanjutnya exhaust standart di buka juga…!!! Dilanjutkan ngelepas CDI standard, juga ngebuka carbu lama, koil dan air filter…!!! Setelah semuanya terlepaz mulailah pemasangan partz baru… Step-step penggantian dapat dilihat pada paragrah berikut ….!!!! :D

Exhaust DBS

Yah… exhaust juga dikenal sebagai faktor yang meningkatkan performance.. !!! Disamping itu suara bazz nya yang bulet juga membuat semakin muaaantappp. Yah gue milih DBS ini setelah ngeliat kompetior lain seperti Endurance, Yoshimura etc…!!! Yah ini selera gue aza… bukan berarti merk lain nggak oke… !!! Masangnya mah termasuk cepet.. tinggal plug and play…!!! Setelah terpasang… memang suaranya oke punya… yah sekilas mirip suara Arrow… dan gue lebih milih yang titan aza instead of carbon …!!!

CDI Shindengen

Pemasangan CDI ini juga simple… just plug and play…!!! Dan effect yang gue rasakan setelah pemasangan CDI ini… maaak nyuuuuzzzz…. RPM begitu mudah dan cepat bergerak…!!! Beberapa kali sudut sempit gue lalui dengan mudah… Biasanya RPM berat ngangkat nya… paz dipasang CDI unlimit ini… bawaannya mauan teruz untuk digeber…!!!

Carbu Keihin PE 28

Nah sewaktu pemasangan carbu ini… perlu penggantian throttle cable… !!! Dan waktu cukup lama untuk ini…!!! Dan setelah terpasang… dan gue coba geber… terasa banget…Ki Demang FU150… nafaz nya begitu panjang… tarikannya walah… kuenceng bener…!!! Dari gigi 1, Ki Demang pengennya nyundul-nyundul teruzzz… yang diakibatkan kegedean power…!!! Settingannya Bro Henk lumayan baguz…hanya perlu sedikit digedein RPMnya pada waktu langsam….!!! Pada waktu macet… 2 kali …gue mengalami mati engine… dan gue kudu jaga RPM jika macet… !!! Selebihnya… no problemo… selalu ada power …!!!

Coil XP dan Air Filter K & N

Coil XP ini untuk ngimbangin CDI Shindengen…so pengapiannya biar tambah jozzz…!!! Untuk busi sementara gue pake bawaan pabrikan… !!! Sedangkan Air Filter K & Nini… untuk mensupply udara yang cukup ke pembakaran…!!!

Overall Ki Demang makin tambah bengiz aza… Memang perlu scrutinize di sisi setting dan juga per kopling gue belum ganti… maka penggantian gigi nya kurang greget… mestinya jika sudah diganti dengan per kopling yang racing.. bakalan tambah jozz lage…!!! Gimana dengan bensin…??? Yang gue alami tambah boroz… tapi ini telah gue sadari sebelumnya…!!! Next Step… yang beginian bakalan dirapiin…dengan ganti berbagai accesoriez dan beberapa bagian ganti baju…. so biar Ki Demang… makin kinclong dan powerful….!!! :D

Appendix :

  • Untuk total harga masing-masing partz.. dapat dilihat dibagian I..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar